Followers

Saturday 8 May 2010

Tips Menjaga Awet nya Baterai Hanphone

Ini adalah hal yang SEPELE, tetapi kerap dilupakan. ya, baterai ponsel memang jarang diperhatikan. bahkan sering diperlakukan secara semena-mena. Hasilnya, jangan heran jika tiba-tiba baterai ponsel anda mati total. agar hal di atas tak terjadi, ada baiknya anda mulai memperhatikan hal-hal yang dapat membuat baterai tetap awet.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan, terutama ketika sedang mengisi baterai.

  • Perhatikan lama pengisian
    Rata-rata waktu mengisi baterai yang ideal adalah sekitar dua jam. namun, karena malas menunggu, tak jarang pengguna ponsel meninggalkan ponsel yang sedang diisi baterainya. jika ditinggal sebentar sih tak apa, tetapi tak jarang ada yang meninggalkan baterai diisi sambil tidur. bayangkan jika anda terbiasa tidur pukul 10.00 malam, pastinya baterai akan terisi selama lebih dari dua jam. hati-hati, jika baterai terlalu lama diisi penuh, bisa-bisa komponen didalamnya menjadi rusak. memang ada charger yang secara otomatis tak mengisi ketika baterai sudah penuh. namun bagaimana jika charger anda tak otomatis?

  • Mengisi di dalam mobil
    Bagi yang terbiasa pergi ke mana-mana dengan mobil, charger mobil tentu sangat berguna. namun, voltase pada mobil biasanya sering tak stabil. hal ini tentu mengakibatkan tak stabilnya arus listriknya masuk ke dalam baterai. jika hal ini terjadi terus-menerus, kerusakan komponen baterai dapat terjadi.

  • Menggunakan ponsel ketika sedang diisi
    Anda mungkin termasuk orang yang suka menggunakan ponsel ketika sedang diisi baterainya. entah karena kebiasaan atau tak sabar, ternyata kebiasaan ini dapat merusakan komponen molekul dalam baterai. sebab, ketika ponsel menyala lalu digunakan, akan terjadi arus keluar masuk didalam baterai. oleh sebab itu, sebaiknya anda mengisi dalam keadaan ponsel mati

  • Pengisian pertama
    Ketika membeli ponsel baru, saat itulah usia baterai anda dimulai. agar baterai dapat tetap berumur panjang, ada baiknya anda memerhatikan proses pengisian pertama. sebab, ketika pertama kali mengisi baterai saat itu juga anda sedang mengaktifkan seluruh sel dalam baterai agar berfungsi maksimal. tak heran jika proses awal ini akan menentukan usia baterai di masa depan.

Selamat mencoba.....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar