Followers

Sunday 20 February 2011

Manfaat tanaman ciplukan

Di kalangan masyarakat Indonesia ciplukan semula hanya dianggap sebagai tanaman liar dan tidak ada gunanya, bahkan hingga sekarang tanaman ini masih dikenal dan tumbuh liar hanya sedikit orang yang tahu manfaat ciplukan ini setidaknya ditempat penulis.Tidak tahunya di Prancis ciplukan telah bertengger sebagai buah eksklusif yangbanyak digemari oleh para eksekutif. Bangsa lain yang juga suka makan buah ciplukan adalah orang Amerika, Kanada, Korea Selatan dan Taiwan. Selain ciplukan dimakan sebagai buah segar, semakin merebaknya pengobatan alternatif dan menggebunya dunia periset masa kini, permintaan ciplukan semakinmelambung.
Sebenarnya ciplukan itu tanaman bagaimana?
Tumbuhan Ciplukan ( Physalis minin a ) merupakan tumbuhan liar, berupa semak/perdu yang rendah (biasanya tingginya sampai 1 meter) dan mempunyai umur kurang lebih 1 tahun.dan termasuk suku terung terungan ( Calanacea ). Dapat tumbuh di segala jenis tanah. Di tegalan, sawah dan halaman rumah. Biasanya ciplukan dapat tumbuh subur berdampingandengan tanaman kedelai. Tumbuhan ini tumbuh dengan subur di dataran rendah sampai ketinggian 1550 meter diatas permukaan laut, tersebar di tanah tegalan, sawah-sawah kering, serta dapat ditemukan di hutan-hutan jati. Bunganya berwarna kuning, buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan bila masih muda,tetapi bila sudah tua berwarna coklat dengan rasa asam-asam manis. Buah Ciplukan yang muda dilindungi cangkap (kerudung penutup buah).
Tanaman ini memiliki nama local yang bermacam-macam antara lain:
Morel berry (Inggris), Ciplukan (Indonesia), Ceplukan (Jawa); Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram);Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak); Leletokan (Minahasa);
Sebagai tanaman yang dipercaya dapat mengobati ataupun sebagai tanaman obat, ciplukan memiliki kandungan vitamin C yang relatif lebih tinggi dari buah anggur. Itulah yang menjadikan ciplukan sangat efektif dapat mengobati lukaseperti yang dialami tentara Romawi. Selanjutnya Boorsma dan De Cleroq, penulis terkenal mengatakan, akar, daun danbuah ciplukan sangat manjuruntuk mengobati luka, diabetes dan tekanan darahtinggi. Di zaman Belanda para pekerja bila kaki atau tangannya luka kena sabit, cepat sembuh setelah diobati daun ciplukan, buah coklat muda.
Penyakit dan Bagian Tanaman yang dipergunakan
1. Diabetes Mellitus
Bahan: tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabutbeserta
akar-akarnya dan dibersihkan.
Cara membuat: dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai
mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
2. Sakit paru-paru
Bahan: tumbuhan ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga dan
buahnya).
Cara membuat: direbus dengan 3-5 gelas air sampaimendidih dan
disaring.
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari 1 gelas.
3. Ayan
Bahan: 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak.
Cara menggunakan: dimakansetiap hari secara rutin.
4. Borok
Bahan: 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih.
Cara membuat: ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit.

1 comments:

ozzi said...

wah bagus nih buat nambah ilmu

Post a Comment

Silahkan berkomentar