Followers

Sunday, 24 April 2011

Anthurium, tanaman hias termahal di dunia


Percayakah anda ada tanaman hias seharga 1,25 milyar? Believe it or not, memang ada. Paling tidak, itulah harga yang ditawarkan seorang penjual Anthurium. Memang sih, belum terdengar kabar ada ‘orang gila’ yang mau membeli Anthurium itu …
Harga tanaman hias jenis Anthurium Jenmanii memang bisa membuat orang jatuh pingsan. Angka puluhan bahkan ratusan juta muncul begitu saja, seolah-olah uang sebanyak itu bisa dibuat dari lempung. Sebatang Anthurium Jenwave Black Buise ditawarkan oleh sebuah nursery seharga 250 juta (seharga sebuah rumah atau mobil sedan gres di showroom). Pengin lihat seperti apa tanaman itu?
Anthurium Jenwave Black Buise seharga 250 juta rupiah.
Bagi orang-orang ‘biasa’ (artinya bukan hobiis tanaman hias), harga anthurium, aglaonema, adenium, dan tanaman-tanaman hias lain memang terdengar tidak masuk akal. Bagaimana mungkin harga sebatang tanaman bisa melebihi harga sebuah rumah atau mobil? Sehebat apa pun tanaman itu, menurut saya it’s ridiculous.
Saya suka tanaman indah, tapi saya tidak akan mau membeli tanaman dengan harga ‘sinting’. Harga tanaman paling mahal yang masih saya ‘tolerir’ untuk saya bayar adalah Rp. 100.000,- Lebih dari itu, no way!
Apa kehebatan anthurium? Anthurium daun (ada juga jenis anthurium bunga) memiliki daun yang tebal, lebar, urat daunnya kekar, sehingga tanaman ini terlihat gagah dan anggun. Konon, pada zaman dahulu tanaman ini banyak dijumpai sebagai hiasan di istana, sehingga sering disebut sebagai tanaman raja. Anthurium sempat ‘tenggelam’ ketika penggemar tanaman hias sedang menyukai adenium. Para pedagang anthurium kemudian bersama-sama mengadakan pameran, dan mendongkrak anthurium dengan harga ‘bom-boman’ sehingga anthurium kembali melejit. Dalam waktu singkat, harga anthurium (khususnya Jenmanii) naik tak terkendali, dari puluhan ribu rupiah per batang hingga menjadi puluhan juta rupiah.
Siapakah gerangan pembeli tanaman-tanaman mahal ini? Apakah mereka sebegitu kayanya, sehingga rela melepaskan puluhan bahkan ratusan juta hanya untuk sebatang tanaman? Dari mana mereka memperoleh uang sebanyak itu, yang dengan mudah mereka hambur-hamburkan seolah uang itu mereka peroleh seperti memetik bayam dari kebun? Benarkah mereka sungguh-sungguh menyukai tanaman itu, atau membeli hanya sekedar untuk gengsi?
Perdagangan anthurium seperti perdagangan saham, dimana orang membeli saham bukan untuk menikmati dividennya, tetapi untuk dijual kembali, untuk mendapatkan capital gain. Akhirnya harga itu menjadi harga semu. Pedagang ‘menggoreng’ harga, seperti yang terjadi pada harga lukisan di pelelangan-pelelangan. Harga tanaman ini akan mencapai suatu titik klimaks, untuk selanjutnya jatuh ketika tren beralih ke jenis tanaman lain. Cukup banyak orang yang kaya mendadak karena bisnis tanaman hias, tapi cukup banyak juga yang buntung karena salah hitung.
Jika adenium berharga mahal, masih masuk akal, karena adenium memang cantik. Keindahan adenium terletak pada bonggol akar dan bunganya yang cerah. Paling tidak, keindahan adenium lebih ‘terukur’ dari pada keindahan anthurium atau aglaonema.
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel anthurium, tanaman hias paling mahal ini. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

2 comments:

Ryan Macro said...

boss saya ada bungan anthurium

Ryan Macro said...

saya mau jual..brp harga nya ???

Post a Comment

Silahkan berkomentar