Followers

Monday, 4 April 2011

Ikan kodok, spesies ikan baru

ikan kodok
Keragaman jenis flora dan fauna Indonesia sangatlah kaya. Sebuah ikan jenis baru ditemukan di perairan dangkal Ambon, di bagian timur Indonesia. Uniknya, ikan ini berbentuk seperti karet dan memantul di dasar laut.
Karena suka memantul dan meloncat seperti kodok, banyak yang menjulukinya ikan kodok. Selain itu, warna ikan ini juga sangat cantik. Motifnya seperti zebra tetapi berwarna coklat kekuningan.
Profesor dari Universitas Washington, Amerika Serikat,menamai ikan itu psychedelica. Seperti ikan lainnya, psychedelica ini memiliki sirip di
kedua bagian tubuhnya yang berbentuk seperti kaki.
Ikan ini sering terlihat melompat di dasar laut. Caranya adalah dengan menekan siripnya lalu mengeluarkan air dari insang.Dengan cara seperti itulah, ikan tersebut bisa bisa bergerak. Ikan ini bergerak secara tidak beraturan.
Mark Erdman, salah satu penasihat program Konservasi Laut Internasional, merasa senangdengan adanya penemuan ini.
“Orang sudah banyak yang tahu adanya ikan kodok, tetapi ikan kodok dengan motif yang sangat cantik seperti psychedelica ini, sangat menarik perhatian,” kata Erdman.
“Hal itu juga menggambarkankeberagaman spesies yang berada perairan Indonesia. Dan, tentunya masih banyak spesies lain yang juga belum diketahui dalam perairan Ambon.”
Tubuh ikan ini kenyal sepertiagar-agar dan ditutupi oleh lapisan kulit
tipis untuk melindunginya darigesekan batu koral. Wajahnya datar, dan memilikimata serta mulut yang terbuka lebar.
Artikel ini saya ambil dari blog tidakmenarik.blogspot.com
Terima kasih telah berkunjung dan membaca arikel tentang ikan kodok, species ikan baru ini. semoga arikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar